Samsung Galaxy M12 Turun Harga di Bulan Mei 2024, Tertarik Beli?

Pada bulan Mei 2024, Samsung Galaxy M12 mengalami penurunan harga yang signifikan, menjadi salah satu ponsel dengan penawaran harga terbaik di pasar saat ini.

Pertama kali dirilis pada tahun 2021, Samsung Galaxy M12 hadir dengan harga awal sekitar Rp 2,1 juta. Namun, sekarang harga ponsel ini hanya sekitar Rp 1 jutaan, menunjukkan penurunan lebih dari 50%.

Penurunan harga yang begitu drastis ini membuat banyak konsumen mempertimbangkan kembali untuk membeli ponsel ini, terutama bagi mereka yang mencari perangkat dengan harga terjangkau namun tetap memiliki spesifikasi yang mumpuni.

Samsung Galaxy M12 meskipun sudah berusia beberapa tahun sejak peluncurannya, tetap menawarkan spesifikasi yang kompetitif untuk penggunaan sehari-hari.

Ponsel ini memiliki dimensi 164 x 75.9 x 9.7 mm dan berat 212 gram, dengan material bodi dari kaca di bagian depan, plastik di bagian belakang, dan frame plastik, memberikan kesan yang kokoh dan solid.

Selain itu, ponsel ini mendukung penggunaan dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by), yang sangat berguna bagi pengguna yang memiliki lebih dari satu kartu SIM.

Layar Samsung Galaxy M12 menggunakan jenis PLS LCD dengan ukuran 6.5 inci dan refresh rate 90Hz. Meski resolusinya hanya 720 x 1600 piksel dengan rasio 20:9 dan kepadatan sekitar 270 ppi, layar ini tetap memberikan pengalaman visual yang cukup baik untuk aktivitas sehari-hari.

Baca Juga:  Akhirnya Tanggal Perilisan Samsung Galaxy F55 Diumumkan

Misalnya seperti browsing, media sosial, dan menonton video. Refresh rate 90Hz juga memberikan tampilan yang lebih halus dibandingkan layar dengan refresh rate standar 60Hz, sehingga scrolling dan animasi terasa lebih responsif.

Dalam hal performa, Samsung Galaxy M12 dilengkapi dengan chipset Exynos 850 yang dibangun dengan proses 8nm. Prosesor octa-core yang terdiri dari 4 inti Cortex-A55 berkecepatan 2.0 GHz dan 4 inti Cortex-A55 berkecepatan 2.0 GHz, dipadukan dengan GPU Mali-G52, memberikan kinerja yang cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar.

Untuk memori, ponsel ini memiliki beberapa varian, yaitu 32GB dengan 3GB RAM, 32GB dengan 4GB RAM, 64GB dengan 4GB RAM, dan 128GB dengan 4GB RAM, serta dukungan slot microSDXC yang memungkinkan ekspansi penyimpanan hingga kapasitas yang lebih besar.

Salah satu keunggulan utama Samsung Galaxy M12 adalah konfigurasi kamera belakangnya yang terdiri dari empat lensa. Kamera utama memiliki resolusi 48 MP dengan aperture f/2.0, yang mampu menghasilkan foto yang tajam dan detail.

Kamera ultrawide 5 MP dengan sudut pandang 123 derajat memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dengan cakupan yang lebih luas, sementara kamera macro 2 MP dan depth sensor 2 MP masing-masing memberikan fleksibilitas untuk fotografi close-up dan efek cinematic.

Untuk perekaman video, kamera belakang Samsung Galaxy M12 ini dapat merekam dengan resolusi 1080p pada 30fps, yang cukup baik untuk dokumentasi video sehari-hari.

Baca Juga:  CEO ChatGPT Lobi Samsung untuk Kembangkan Chip AI Mandiri

Di bagian depan, Samsung Galaxy M12 dilengkapi dengan kamera selfie 8 MP dengan aperture f/2.2. Kamera depan ini juga mendukung fitur HDR dan mampu merekam video dengan resolusi 1080p pada 30fps, cocok untuk video call maupun pembuatan konten di media sosial.

Meskipun resolusinya tidak setinggi kamera belakang, kualitas foto dan video dari kamera depan Samsung Galaxy M12 ini cukup memadai untuk kebutuhan sehari-hari.

Baterai menjadi salah satu aspek yang menonjol dari Samsung Galaxy M12. Dengan kapasitas 5000 mAh, ponsel ini dapat bertahan seharian penuh bahkan dengan penggunaan intensif.

Dukungan pengisian daya cepat 15W juga memungkinkan pengguna untuk mengisi baterai dengan lebih efisien meskipun kapasitasnya besar. Ini tentu saja menjadi nilai tambah yang signifikan bagi pengguna yang sering beraktivitas di luar rumah dan membutuhkan daya tahan baterai yang lama.

Dengan penurunan harga yang signifikan, Samsung Galaxy M12 menawarkan nilai yang sulit diabaikan bagi mereka yang mencari ponsel terjangkau namun tetap ingin spesifikasi yang cukup baik.

Meskipun sudah dirilis sejak beberapa tahun yang lalu, spesifikasi yang ditawarkan masih relevan dan mampu memenuhi kebutuhan dasar pengguna ponsel masa kini.

Performanya yang cukup untuk penggunaan sehari-hari, konfigurasi kamera yang fleksibel, serta daya tahan baterai yang lama membuat Samsung Galaxy M12 menjadi pilihan yang menarik di segmen ponsel di bawah Rp 1,5 juta.

Baca Juga:  Tidak Semua, Ini Daftar Hp Samsung yang Kemungkinan Dapat Update Android 15

Secara keseluruhan, penurunan harga Samsung Galaxy M12 di bulan Mei 2024 ini merupakan kesempatan baik bagi konsumen yang mencari ponsel dengan harga terjangkau namun tetap memiliki spesifikasi yang memadai.

Dengan berbagai fitur yang masih relevan dan performa yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari, Samsung Galaxy M12 layak untuk dipertimbangkan sebagai pilihan ponsel baru Anda.

Apabila Anda memerlukan ponsel dengan baterai tahan lama, kamera yang baik, dan performa yang stabil untuk berbagai aktivitas, Samsung Galaxy M12 bisa menjadi salah satu opsi terbaik di kelas harganya saat ini.

Tinggalkan komentar