3 Penyebab Layar Hp Samsung Berubah Warna Ungu dan Hijau

Sebagian pengguna Samsung mengeluhkan layar hp Samsung mereka berubah warna ungu, hijau, merah, atau yang lain. Sebenarnya, apa sih penyebab dan bagaimana cara memperbaikinya?

Memang tidak semua layar hp Samsung bisa berubah dengan warna tertentu. Biasanya ini terjadi hanya pada hp yang sudah lama, bisa karena layarnya sudah rusak, terbentur, atau alasan lain.

Cara memperbaikinya juga bisa dibilang cukup rumit kalau Anda bukan ahlinya, sebab harus membongkar hp Samsungnya dan memisahkan layarnya terlebih dahulu.

Penyebab Layar Hp Samsung Berubah Warna

Tanpa banyak basa basi lagi, yuk langsung saja kita simak bersama-sama penyebab layar hp Samsung bisa berubah warna. Beberapa alasannya yaitu sebagai berikut.

1. Hp Samsung Kena Air

Hp Samsung yang terkena air, misalnya terjatuh ke dalam kolam, dapat mengakibatkan perubahan warna pada layar.

Meskipun perangkat mungkin berfungsi normal, tampilan layar yang terpengaruh oleh kontak dengan air dapat menciptakan perasaan tidak nyaman bagi pengguna.

2. Sistem Hp Error

Selain dampak air, perubahan warna pada layar hp Samsung juga dapat disebabkan oleh masalah dalam sistem perangkat.

Kesalahan atau kerusakan pada sistem operasi dapat memengaruhi tampilan visual perangkat, menciptakan variasi warna yang tidak diinginkan pada layar.

3. Suhu Terlalu Panas

Peningkatan suhu yang signifikan juga dapat menjadi penyebab perubahan warna pada layar hp Samsung.

Ketika suhu perangkat berada pada tingkat yang terlalu panas, bukan hanya baterai yang dapat mengalami kerusakan, tetapi layar juga mungkin menunjukkan gejala-gejala seperti perubahan warna atau kekeruhan.

Pemahaman akan dampak suhu tinggi pada perangkat menjadi penting untuk mencegah kerusakan visual yang tidak diinginkan pada layar hp Samsung.

Cara Mengatasi Layar Hp Samsung Berubah Warna Karena Kerusakan

Setelah mengetahui penyebabnya, mari kita langsun bahas juga cara mengatasi layar hp Samsung yang berubah warna karena ada keruaskan pada layar. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya, yaitu sebagai berikut.

1. Atur Live Display

Salah satu cara efektif untuk mengatasi perubahan warna pada layar hp Samsung adalah dengan mengatur Live Display. Proses ini dapat membantu mengembalikan keseimbangan warna pada layar perangkat.

  • Untuk melakukannya, buka menu Setelan pada smartphone Anda
  • Lanjut ke bagian Tampilan
  • Pilih opsi Live Display.
  • Setelah itu, masuk ke Pengaturan suhu warna
  • Atur nilai siang dan malam kedua-duanya lebih dari 6000k.
  • Penyesuaian ini dapat membantu memperbaiki masalah perubahan warna yang mungkin terjadi.

2. Kalibrasi Warna Secara Manual

Cara kedua yang dapat Anda lakukan adalah melakukan kalibrasi warna secara manual. Cara melakukannya juga sebenarnya sangat mudah, yaitu sebagai berikut.

  • Buka menu Setelan Android
  • Pilih Tampilan
  • Masuk ke opsi Live Display
  • Di dalamnya, pilih Kalibrasi Warna
  • Lalu seimbangkan nilai warna menjadi 100-100-100
  • Langkah ini memungkinkan Anda untuk menghidupkan kembali warna layar sesuai preferensi visual Anda, memberikan kontrol lebih besar terhadap tampilan visual perangkat.

3. Ganti Layar di Service Center

Jika kedua cara sebelumnya tidak memberikan hasil yang diinginkan dan Anda masih merasa tidak nyaman dengan perubahan warna layar hp Samsung, disarankan untuk membawa perangkat Anda ke service center resmi Samsung.

Service center ini tersebar di seluruh Indonesia dan dapat memberikan solusi yang tepat, termasuk penggantian layar baru jika diperlukan.

Kunjungan ke service center resmi memastikan perbaikan dilakukan oleh tenaga ahli dan menggunakan suku cadang yang tepat sesuai standar perusahaan.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dan penjelasan dari kami mengenai penyebab dan cara memperbaiki hp Samsung yang layarnya berubah warna menjadi ungu atau hijau. Semoga artikel ini bermanfaat dan hp Anda bisa diperbaiki.

Tinggalkan komentar