Pengguna Masih Keluhkan Baterai Boros pada Samsung One UI 6.1

Sudah lebih dari setahun sejak pembaruan One UI 6.1 dirilis pada 28 Maret 2023. Namun, pengguna sistem operasi tersebut masih mengeluhkan masalah baterai yang boros.

Terutama bagi pengguna smartphone segmen high-level seperti Samsung Galaxy Z Fold 5, Z Flip 5, dan S23 Series, keluhan ini masih sering terdengar. Mereka mengaku bahwa baterainya lebih boros dibandingkan sebelum melakukan update ke One UI 6.1.

Masalah ini pertama kali muncul ketika pengguna Z Fold 5 dan Z Flip 5 baru saja melakukan update sistem operasi ke One UI 6.1. Beberapa hari setelah update, mereka merasakan penurunan signifikan pada masa pakai baterai.

Hal ini membuat pengalaman pengguna menjadi kurang optimal, mengingat baterai adalah salah satu komponen penting yang sangat mempengaruhi kinerja dan kepuasan penggunaan smartphone sehari-hari.

Tidak hanya pengguna Z Fold 5 dan Z Flip 5, pengguna Samsung Galaxy S23 Series juga mengalami hal serupa, meski tidak sedrastis yang dirasakan oleh pengguna perangkat lipat tersebut.

Pengguna Galaxy S23 Ultra, satu-satunya model dalam S23 Series yang tampaknya tidak terlalu terdampak oleh masalah ini, tidak melaporkan adanya penurunan masa pakai baterai yang signifikan.

Di sisi lain, pengguna smartphone mid-level dan entry-level pada Galaxy S dan Galaxy Z belum banyak yang melaporkan masalah konsumsi baterai yang boros. Malahan, beberapa di antara mereka merasa ada peningkatan kehematan baterai setelah melakukan update ke One UI 6.1.

Baca Juga:  Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Hp Samsung Secara Umum

Fenomena ini menunjukkan adanya perbedaan dampak pembaruan terhadap berbagai model perangkat, yang mungkin disebabkan oleh variasi dalam spesifikasi hardware dan cara penggunaan masing-masing perangkat oleh penggunanya.

Hingga saat ini, Samsung belum mengeluarkan update atau solusi untuk masalah baterai boros pada One UI 6.1. Ini membuat pengguna yang merasakan baterainya lebih cepat habis harus bersabar dan mencari alternatif solusi lain.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini antara lain adalah menonaktifkan fitur Always On Display, menggunakan mode hemat baterai, dan rutin membersihkan cache perangkat Samsung.

Menonaktifkan fitur Always On Display adalah langkah pertama yang dapat membantu mengurangi konsumsi baterai. Fitur ini, meskipun sangat berguna untuk melihat notifikasi dan waktu tanpa perlu menghidupkan layar sepenuhnya, ternyata cukup menguras baterai. Dengan mematikannya, pengguna dapat menghemat daya yang signifikan.

Menggunakan mode hemat baterai adalah langkah berikutnya yang bisa diambil. Mode ini secara otomatis akan membatasi beberapa fungsi dan mengurangi performa untuk memperpanjang masa pakai baterai.

Ini sangat berguna terutama ketika pengguna sedang dalam perjalanan atau tidak memiliki akses mudah ke sumber daya listrik untuk mengisi ulang baterai.

Rutin membersihkan cache perangkat juga dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai. Cache yang menumpuk bisa membuat sistem bekerja lebih keras dan memakan lebih banyak daya.

Baca Juga:  Cara Off WA Tanpa Mematikan Data Seluler di Samsung Semua Tipe

Dengan membersihkan cache secara berkala pada smartphone Samsung, pengguna dapat memastikan perangkatnya berjalan lebih efisien dan menghemat baterai.

Namun, langkah-langkah ini hanyalah solusi sementara. Pengguna berharap Samsung segera mengeluarkan update yang dapat memperbaiki masalah ini secara permanen.

Dalam era teknologi yang serba cepat seperti sekarang, kebutuhan akan perangkat yang dapat diandalkan sepanjang hari menjadi sangat penting. Baterai yang boros bukan hanya mengganggu kenyamanan penggunaan, tetapi juga dapat mempengaruhi produktivitas sehari-hari.

Samsung, sebagai salah satu produsen smartphone terkemuka di dunia, diharapkan dapat segera merespon keluhan pengguna yang merasakan baterai boros pada perangkatnya.

Dukungan dan respons yang cepat dari produsen terhadap masalah yang dihadapi pengguna adalah salah satu kunci untuk menjaga loyalitas pelanggan dan reputasi baik di pasar yang sangat kompetitif ini.

Seiring waktu, diharapkan bahwa Samsung akan merilis pembaruan yang tidak hanya memperbaiki masalah baterai boros, tetapi juga membawa perbaikan dan fitur baru yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Sementara itu, pengguna harus tetap waspada dan mencari cara-cara terbaik untuk mengoptimalkan penggunaan perangkat mereka, agar tetap dapat menikmati semua fitur canggih yang ditawarkan oleh One UI 6.1 tanpa harus khawatir tentang baterai yang cepat habis.

Tinggalkan komentar