3 Pengaturan Screenshot Samsung yang Perlu Anda Ketahui

Screenshot di hp Samsung tidak hanya sebatas mengambil tangkapan layar saja, melainkan Anda juga masih memiliki berbagai opsi pengaturan tambahan untuk pengeditan screenshot tersebut.

Apakah mau menambahkan coretan, teks, screenshot panjang, atau yang lainnya sangatlah mudah. Inilah salah satu alasan kenapa hp Samsung bisa jadi salah satu hp paling laris di dunia.

Lalu apa saja pengaturan screenshot di hp Samsung? Bila Anda ingin mengetahuinya, maka Anda dapat menyimak ulasan ini sampai tuntas, silahkan dibaca secara seksama.

Apa Itu Screenshot di Hp Samsung

Screenshot pada ponsel Samsung adalah proses pengambilan gambar layar saat sedang menggunakan perangkat. Proses ini dilakukan dengan menekan kombinasi tombol yang telah ditentukan, seperti tombol daya bersamaan dengan tombol volume turun.

Setelah itu, gambar layar akan disimpan sebagai gambar atau file gambar di galeri ponsel. Screenshot sangat berguna dalam berbagai situasi, seperti untuk menyimpan informasi penting dari layar, berbagi tampilan layar dengan orang lain, atau bahkan sebagai cara cepat untuk menyimpan gambar tanpa perlu mengunduhnya dari internet.

Screenshot juga dapat digunakan untuk merekam pesan atau informasi penting yang muncul secara sementara pada layar, sehingga memudahkan pengguna untuk mengingat atau merujuk kembali pada informasi tersebut di kemudian hari.

Dalam kehidupan sehari-hari, screenshot pada ponsel Samsung memiliki beragam manfaat. Salah satunya adalah kemudahan dalam menyimpan atau berbagi informasi yang ditampilkan di layar, seperti pesan teks, tampilan aplikasi, atau halaman web.

Baca Juga:  Cara Screenshot Hp Samsung A13 Lengkap

Pengguna juga dapat menggunakan screenshot untuk membuat catatan cepat dari informasi yang muncul secara tiba-tiba atau untuk merekam skenario tertentu yang ingin diabadikan.

Selain itu, screenshot juga membantu pengguna dalam berbagai situasi, seperti menunjukkan error atau masalah teknis kepada penyedia layanan atau dukungan pelanggan, atau bahkan untuk tujuan dokumentasi atau pembuktian dalam situasi tertentu.

Dengan fitur screenshot yang mudah diakses dan digunakan, pengguna ponsel Samsung dapat dengan cepat dan efisien memanfaatkannya dalam berbagai keperluan sehari-hari.

Daftar Pengaturan Screenshot di Hp Samsung

Tanpa banyak basa-basi lagi, yuk kita sama-sama ulas satu per satu pengaturan screenshot yang ada pada hp Samsung. Ulasan lengkapnya bisa disimak pada penjelasan artikel di bawah ini.

1. Edit Screenshot Samsung Tanpa Masuk ke Galeri

Pengguna hp Samsung bisa mengedit hasil screenshot tanpa harus masuk ke galeri. Caranya bisa mudah, Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini:

  • Pertama lakukan screenshot dengan cara apapun di hp Samsung
  • Klik di bagian popup hasil screenshot
  • Tinggal tambahkan coretan, teks, dan sebagainya langsung setelah Anda klik popup tersebut

2. Cara Screenshot Panjang Hp Samsung

Kedua, Anda juga bisa melakukan screenshot panjang di hp Samsung dengan mudah. Untuk panduannya silahkan ikuti panduan dan penjelasan di bawah ini:

  • Buka halaman yang ingin Anda abadikan.
  • Perlahan-lahan, tekan tombol daya dan tombol volume turun seperti menyanyikan lagu rahasia perangkat Anda.
  • Setelah itu, sentuhlah ikon Scroll Capture seakan mengusapkan keajaiban pada layar Anda.
  • Layar akan bergerak secara otomatis seperti pesona seorang penyihir yang menggulir ke bawah untuk menangkap seluruh keindahan halaman.
  • Untuk menangkap bahagian paling bawah, berikanlah keajaiban dengan menekan ikon Scroll Capture untuk waktu yang lebih lama.
  • Akhiri dengan menyentuh bagian manapun di luar bilah layar, seolah memberikan isyarat kepada alam semesta bahwa Anda telah menyelesaikan ritualnya.
Baca Juga:  4 Cara Screenshot Samsung A13 Terbaru dan Praktis

3. Nonaktifkan Suara Screenshot Samsung

Saat Anda melakukan screenshot di hp Samsung, mungkin akan muncul suara cekrek seperti suara kamera. Bila Anda merasa terganggu dengan itu, Anda bisa menonaktifkannya dengan cara sebagai berikut:

  • Pertama, masuk ke Pengaturan hp Samsung Anda
  • Kemudian masuk ke Suara dan Getaran
  • Lalu pilih mode Hening di sana.
  • Selesai
  • Suara screenshot hp Samsung Anda pun akan otomatis tidak ada lagi.

Kesimpulan

Ulasan dari artikel pengaturan screenshot Samsung yang perlu Anda ketahui sudah selesai diulas. Semoga bisa jadi wawasan baru bagi Anda khususnya pengguna Samsung semua tipe.

Tinggalkan komentar