Fungsi dan Cara Menggunakan NFC Samsung dengan Mudah

Samsung-samsung keluaran terbaru sudah banyak yang menempatkan fitur NFC di dalam perangkat mereka. Tapi mungkin sebagian dari kita masih ada yang belum tahu apa sih fitur NFC tersebut?

Banyak juga yang bertanya-tanya, kenapa hp Samsung yang ada NFC dan yang tidak memiliki NFC serupa dalam hal desain? Apa sih yang membedakan keduanya?

Simpan pertanyaan-pertanyaan tersebut sampai di sini saja. Karena pada saat ini kami akan menjelaskan tentang fungsi dan cara menggunakan NFC pada hp Samsung semua tipe.

Fungsi NFC di Hp Samsung

Near Field Communication (NFC) pada hp Samsung memiliki beragam fungsi yang mempermudah interaksi antara perangkat lain dengan hp Samsung Anda.

Salah satu fungsi utama dari fitur NFC adalah memfasilitasi pembayaran dengan e-money dan melakukan top up saldo dengan cepat dan mudah.

Selain itu, NFC juga memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi pembayaran secara langsung dengan menggunakan smartphone mereka, mempercepat proses transaksi tanpa perlu menggunakan uang tunai atau kartu fisik.

Selain itu, fitur NFC juga memungkinkan pengguna untuk berbagi foto dan video dengan mudah antara perangkat yang kompatibel, memindai informasi dari smart poster, mengakses wifi dengan cepat, dan bahkan terhubung dengan speaker nirkabel tanpa perlu kabel atau konfigurasi yang rumit.

Dengan NFC, pengguna Samsung dapat menikmati kemudahan dalam berbagai aktivitas sehari-hari melalui konektivitas yang cepat dan aman antar perangkat.

Namun tidak semua hp Samsung memiliki fitur tersebut. Untuk saat ini, hp Samsung yang sudah mendukung fitur NFC antara lain Galaxy M32, Galaxy A23 LTE, Galaxy M23 5G, Galaxy M33 5G, Galaxy M52, dan Galaxy A53 5G.

Cara Menggunakan Fitur NFC di Samsung

Beginilah panduan, tutorial, dan cara untuk menggunakan NFC pada hp Samsung. Silahkan simak pada pembahasan dan penjelasan yang kami rangkum dari berbagai sumber di bawah ini.

1. Masuk ke Pengaturan

Untuk memulai penggunaan NFC di ponsel Samsung Anda, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengaktifkannya.

Anda dapat melakukan pengaktifan fitur NFC melalui menu Pengaturan, yang dapat diakses dengan mudah melalui layar utama atau laci aplikasi.

2. Pilih Koneksi

Setelah masuk ke menu Pengaturan, lanjutkan dengan mencari opsi yang berhubungan dengan koneksi. Biasanya, opsi ini terletak di bawah kategori yang disebut “Koneksi” atau “Jaringan” ditandai dengan ikon WiFi atau jaringan lainnya.

Di dalam menu Koneksi, perhatikan apakah opsi NFC telah diaktifkan atau belum. Jika belum, Anda perlu mengklik atau menyentuh opsi tersebut untuk mengaktifkannya.

3. Aktifkan Fitur NFC

Setelah menemukan opsi NFC, Anda dapat mengaktifkannya dengan mengklik atau menyentuhnya. Biasanya, opsi ini terdapat dalam subkategori seperti “NFC and Contacless Payment” atau mungkin hanya bertuliskan “NFC”.

Geser tombol atau toggle ke posisi “Aktif” untuk mengaktifkan fitur NFC di ponsel Anda. Sekarang, fitur NFC sudah siap digunakan.

4. Mulai Gunakan NFC

Sekarang bahwa fitur NFC telah diaktifkan, Anda bisa mulai menggunakannya untuk berbagai keperluan. Misalnya, Anda dapat menggunakan NFC untuk melakukan top-up saldo e-money dengan menempelkan kartu e-money di bagian belakang ponsel dekat dengan area kamera.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan NFC untuk mentransfer file dengan cara mendekatkan smartphone Anda dengan smartphone penerima atau pengirim, mirip dengan cara penggunaan teknologi infrared di masa lampau.

Kesimpulan

Sekian artikel yang bisa kami tulis tentang cara menggunakan fitur NFC pada smartphone Samsung terbaru. Diharapkan dengan ini Anda bisa mengetahui manfaat NFC dan bisa menggunakannya dengan optimal dan baik.

Tinggalkan komentar