4 Cek Garansi Samsung Secara Online dan Offline

Jika Anda berniat untuk memperbaiki kerusakan pada hp Samsung secara gratis, Anda perlu melakukan cek garansi smartphone Samsung Anda terlebih dahulu sebelum pergi ke service center.

Hal tersebut dimaksudkan agar Anda tidak salah langkah dan memastikan apakah garansi masih berlaku atau sudah habis. Jadi ketika di service center, Anda benar-benar bisa mendapatkan perbaikan tanpa biaya apapun.

Tapi mungkin masih ada juga orang yang belum paham caranya untuk mengecek garansi Samsug itu bagaimana. Maka dari itu, Anda perlu membaca artikel ini karena kami akan membahas hal tersebut sampai tuntas.

Apa Itu Garansi Samsung?

Garansi Samsung aitu layanan yang diberikan Samsung kepada pengguna smartphone mereka agar mendapat service atau perbaikan pada perangkat Samsung secara gratis. Sehingga pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun jika hp rusak.

Samsung memberikan garansi minimal selama 12 bulan untuk produk-produk smartphone mereka, termasuk Samsung S24 Ultra, Galaxy Fold 5, Galaxy Flip 5, Galaxy S23 Ultra, Galaxy S22 Ultra, Galaxy Z Fold 4 5G, Galaxy Z Flip 4, Galaxy A52s 5G, dan lainnya.

Garansi ini mencakup layanan perbaikan yang dapat diakses di seluruh Pusat Service Center Samsung. Untuk memanfaatkan garansi, pengguna harus melakukan klaim di Indonesia dan membawa kartu garansi Samsung ke service center.

Selama masa garansi 12 bulan, pengguna dapat mengajukan klaim perbaikan secara gratis untuk perangkat mereka yang mengalami kerusakan atau masalah teknis. Pusat Service Center Samsung akan memberikan layanan perbaikan yang sesuai dengan ketentuan garansi.

Baca Juga:  4 Cara Membatasi Hotspot di Hp Samsung Semua Tipe

Selain itu, penting untuk dicatat bahwa garansi hanya berlaku selama periode 12 bulan setelah pembelian, dan klaim garansi harus diajukan selama masa garansi berlangsung.

Cara Mengecek Garansi Hp Samsung

Nah karena masa garansi Samsung ada batasnya, maka jika kita ingin mengklaim garansi maka kita harus cek terlebih dahulu apakah garansi masih aktif dan berlaku atau sudah kadaluarsa.

Untuk itu, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan agar pengguna bisa mengetahui masa berlaku garansi smatphone Samsung milik sendiri. Silahkan simak ulasan dan penjelasannya di bawah ini.

1. Cek di Kartu Garansi Samsung

Ketika pertama membeli smartphone Samsung, pengguna akan mendapatkan box berisi perangkat hp, charger, dan kartu garansi berbentuk sebuah surat kecil mirip seperti nota pembelian. Kartu ini biasanya berisi informasi masa berlaku garansi dari kapan sampai kapan.

Sehingga Anda harus menjaga kartu garansi tersebut agar tidak hilang. Anda bisa menyimpannya di tempat yang aman sehingga apabila sewaktu-waktu ingin klaim garansi, akan mudah menemukannya.

2. Cek Garansi dengan Kode UMB

Apabila Anda tipe orang yang lupa menaruh barang, maka Anda tetap tidak perlu khawatir karena Samsung masih memberikan cara lain untuk mengecek garansi Anda. Caranya adalah menggunakan kode UMB, dial, atau USSD dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Aktifkan fitur panggilan pada ponsel Anda
  • Lalu masukkan kode nomor #12580369#.
  • Sebuah tampilan informasi terkait handphone Samsung akan muncul, termasuk tanggal pembelian yang dapat ditemukan di bagian ‘RF Cal’.
  • Sebagai contoh, apabila Anda melihat angka 20240120, ini menunjukkan bahwa handphone tersebut dibeli pada tanggal 20 Januari 2024.
Baca Juga:  Cara Menonaktifkan Tombol Rana Samsung Semua Tipe

3. Cek Garansi Samsung dengan IMEI

Langkah berikutnya Anda bisa memanfaatkan IMEI Samsung Anda karena di situ juga tertera informasi masa berlaku garansi Anda. Langkahnya juga cukup mudah silahkan ikuti petunjuk berikut.

  • Pertama Anda harus mengetahui 15 digit nomor IMEI yang sedang digunakan, caranya dengan menekan kode *06#
  • Anda juga bisa masuk ke menu Pengaturan dan pilih About Phone.
  • Ketiga, Anda bisa mengetahui nomor IMEI hp Samsung dengan cara melihat pada keterangan yang ada di box pembelian atau label belakang hp Samsung.
  • Setelah mendapatkan nomor IMEI, silakan kunjungi situs www.imei.info.
  • Kemudian asukkan nomor IMEI ponsel Samsung Anda pada kolom yang telah disediakan
  • Lanjutkan dengan klik tombol ‘Check’.
  • Selanjutnya, navigasikan ke opsi ‘Samsung Garansi/SN/ Carrier Check’ untuk melihat detail mengenai garansi Samsung.

4. Menghubungi Customer Service Samsung

Terakhir, Anda bisa langsung menghubungi customer service Samsung untuk menanyakan perihal garansi Anda masih aktif atau tidak. Anda bisa menelepon atau chat media sosial mereka, kontaknya ialah sebagai berikut.

  • Telepon Samsung Indonesia: 0800-112-7777 atau 0800-112-8888
  • Instagram Samsung Indonesia: @samsung_id
  • Facebook Samsung Indonesia: @SamsungIndonesia
  • Twitter (X) Samsung Indonesia: @SamsungID

Kesimpulan

Itu saja pembahasan kita hari ini di BroSamsung mengenai cara mengecek garansi Samsung masih aktif atau tidak, masih berlaku atau sudah kadaluarsa. Sehingga Anda bisa pergi ke service center dengan hati tenang untuk mengklaimnya.

Baca Juga:  Cara Mematikan Hp Samsung A50s Tanpa Tombol Power

Tinggalkan komentar