4 Cara Screenshot Samsung A13 Terbaru dan Praktis

Mengambil tangkapan layar atau screenshot bisa dilakukan pada smartphone apa saja, termasuk Samsung A13. Namun sebagian orang mungkin masih bingung bagaimana cara screenshot Samsung A13.

Sebenarnya untuk melakukan screenshot atau biasa disingkat SS tidaklah sulit, bahkan tidak hanya terdapat satu cara saja untuk melakukannya. Melainkan ada beberapa opsi yang bisa Anda pilih.

Di sini, kami akan memberikan informasi kepada Anda tentang bagaimana cara screenshot di hp Samsung A13. Silahkan simak ulasan dan pembahasan lengkapnya pada artikel di bawah ini.

Apa Itu Screenshot di Hp Samsung A13

Screenshot di hp Samsung A13 adalah proses pengambilan gambar layar ponsel Anda pada saat tertentu, yang kemudian disimpan sebagai file gambar ke galeri atau File Manager.

Setelah mengambil screenshot, gambar tersebut akan secara otomatis disimpan ke galeri atau folder khusus yang dapat diakses melalui aplikasi galeri ponsel Anda.

Screenshot sangat bermanfaat dalam berbagai situasi. Misalnya, Anda dapat menggunakan screenshot untuk berbagi informasi dengan teman atau kolega, menangkap momen tertentu pada layar ponsel, atau menyimpan data yang mungkin sulit diakses nantinya.

Kemampuan ini memungkinkan pengguna Samsung A13 untuk dengan mudah mengabadikan tampilan layar yang penting atau menarik, dan membuatnya tersedia untuk digunakan atau dibagikan kapan pun dibutuhkan.

Untuk mengambil screenshot di Samsung A13, biasanya Anda dapat menggunakan kombinasi tombol fisik, seperti menekan tombol daya bersamaan dengan tombol volume down secara bersamaan.

Namun sebenarnya cara screenshot pada hp Samsung A13 tidak hanya itu saja. Oleh karena itu di sini kami akan menjelaskan kepada Anda tentang caranya melakukan screenshot di hp Samsung.

Cara Screenshot di Hp Samsung A13

Berikut di bawah ini kami BroSamsung akan menjelaskan kepada Anda tentang bagaimana cara screenshot pada hp Samsung A13 terbaru dengan mudah dan praktis, simak ulasannya di bawah ini.

1. Screenshot A13 dengan Kombinasi Tombol

Pertama-tama Anda bisa melakukan screenshot di hp Samsung A13 menggunakan kombinasi tombol power dan volume bawah secara bersamaan. Ini juga menjadi cara default untuk mengambil tangkapan layar, adapun caranya yaitu:

  • Masuk ke area layar yang ingin diabadikan dengan tangkapan layar.
  • Tekan secara bersamaan tombol power dan tombol volume bawah selama beberapa detik.
  • Perhatikan adanya kedipan layar atau dengar suara sebagai indikator bahwa tangkapan layar berhasil diambil.
  • Pastikan bahwa langkah-langkah di atas diikuti dengan tepat untuk memastikan keberhasilan proses tangkapan layar.

2. Screenshot A13 dengan Gestur

Alternatif lainnya selain kombinasi tombol, Anda bisa memanfaatkan gestur untuk mengambil screenshot. Bisa dibilang, ini menjadi cara paling praktis untuk mengambil tangkapan layar, yaitu dengan cara:

  • Navigasi ke menu pengaturan di Samsung Galaxy A13 Anda.
  • Pilih opsi ‘Pengaturan Lanjutan’ dengan menelusuri daftar pengaturan.
  • Temukan dan klik opsi ‘Gerakan serta Gestur’ di dalam menu pengaturan.
  • Aktifkan keunikan dengan menyalakan opsi ‘Usapkan Telapak Tangan untuk Pengambilan Gambar’.
  • Pastikan bahwa fitur ini sudah diaktifkan dengan melihat toggle berwarna biru di sebelah kanan.
  • Setelah berhasil diaktifkan, Anda dapat mencoba keunikannya dengan mengusap telapak tangan dari sisi kanan ke kiri untuk mengambil screenshot.

3. Screenshot A13 dengan Menu Asisten

Menu asisten di hp Samsung A13 juga bisa dimanfaatkan untuk mengambil screenshot secara cukup praktis. Fitur ini memungkinkan pengguna mengambil SS tanpa harus menekan tombol apapun, dengan cara sebagai berikut.

  • Langkah pertama, navigasi ke dalam “Pengaturan” di perangkat pintar Samsung A13 Anda.
  • Cari dan ketuk opsi “Aksesibilitas” yang terletak di dalam menu utama pengaturan.
  • Di dalam opsi “Aksesibilitas”, temukan dan pilih menu “Interaksi dan Kecekatan” untuk melangkah lebih lanjut.
  • Di antara opsi yang tersedia, aktifkan fitur “Assistant Menu” dengan menggeser tombol yang sesuai ke posisi ON.
  • Setelah berhasil mengaktifkan “Asisten Menu”, lihatlah munculnya tombol melayang yang menampilkan ikon 4 kotak secara elegan di layar perangkat Anda.
  • Pada tombol melayang tersebut, temukan dan ketuk opsi “Screenshot” untuk memanfaatkan fungsionalitas tangkapan layar dengan cara yang sangat praktis dan unik.

4. Screenshot A13 dengan Scroll Capture

Terahir, Anda bisa menggunakan scroll capture untuk mengambil tangkapan layar alias screenshot yang lebih panjang. Untuk melakukannya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Mulailah dengan membuka halaman yang ingin di-capture dan pastikan tampilan lebih panjang sehingga perlu digulir.
  • Gunakan teknik screenshot standar dengan kombinasi tombol atau cara lainnya sesuai dengan perangkat yang digunakan.
  • Selanjutnya, temukan ikon anak panah ganda ke bawah yang muncul bersama dengan gambar pratinjau. Ikon ini biasanya terkait dengan fungsi Scroll Capture.
  • Terus ketuk ikon Scroll Capture berulang kali sampai seluruh halaman yang diinginkan berhasil ditangkap.
  • Setelah menyelesaikan tangkapan layar, biarkan saja tampilan sampai menu Scroll Capture menghilang secara otomatis.

Kesimpulan

Langkah-langkah dan cara screenshot di hp Samsung A13 sudah selesai kami bahas. Semoga dengan adanya tutorial ini Anda bisa melakukan pengambilan gambar layar atau screenshot dengan baik.

Tinggalkan komentar