5 Cara Merekam Layar Hp Samsung Tanpa Aplikasi Tambahan

Tidak banyak yang tahu bahwa di hp Samsung, khususnya keluaran terbaru, pengguna sudah bisa melakukan perekaman layar tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan dari Google Play Store.

Sebab, di dalam hp Samsung sudah tertanam fitur untuk melakukan perekaman layar atau screen recording yang mudah, praktis, dan tentu saja tidak memberatkan performa hp Anda.

Tapi bagaimana cara merekam layar di hp Samsung dengan menggunakan fitur bawaan tersebut? Jangan khawatir, karena di sini kami akan menjelaskan kepada Anda tutorialnya.

Fitur Perekaman Layar di Hp Samsung

Ponsel Samsung terbaru telah mengintegrasikan fitur merekam layar tanpa memerlukan aplikasi tambahan, memberikan pengguna kemudahan untuk membuat tangkapan layar video langsung dari perangkat mereka.

Fitur ini dapat diakses dengan mudah melalui menu navigasi yang terletak saat pengguna melakukan scroll ke bawah pada layar. Dengan demikian, pengguna dapat dengan cepat dan efisien merekam aktivitas layar mereka tanpa harus mengunduh aplikasi pihak ketiga.

Selain itu, fitur merekam layar pada ponsel Samsung terbaru juga memberikan opsi untuk menambahkan coretan atau anotasi langsung pada video yang direkam, memberikan pengguna fleksibilitas untuk memberikan penjelasan atau menyoroti bagian tertentu dari tampilan layar mereka.

Fitur merekam layar yang terintegrasi ini tidak hanya memudahkan pengguna dalam membuat tutorial atau berbagi tampilan layar mereka, tetapi juga memberikan keleluasaan kreatif dengan kemampuan penambahan coretan langsung.

Dengan demikian, ponsel Samsung terbaru tidak hanya memberikan pengalaman pengguna yang intuitif, tetapi juga memperkaya kemampuan pengguna untuk berbagi informasi atau pengalaman mereka dengan cara yang lebih dinamis dan interaktif.

Cara Merekam Layar di Hp Samsung Tanpa Aplikasi Tambahan

Setelah mengetahui sekilas tentang fitur perekaman layar di hp Samsung, kali ini kita akan langsung membahas cara menggunakannya. Berikut tutorial dan cara merekam layar di hp Samsung tanpa aplikasi tambahan.

1. Aktifkan Fitur Screen Recorder

Langkah pertama untuk merekam layar pada ponsel Samsung adalah membuka panel pengaturan cepat. Dengan mengusap layar dari atas ke bawah, Anda dapat mengakses panel ini dan mengaktifkan fitur screen recorder.

Jika Anda tidak menemukannya di sana, cari tombol tiga titik vertikal dan pilih opsi “Edit tombol” untuk menambahkan tombol screen recorder ke panel pengaturan cepat.

2. Atur Opsi Suara Rekam

Setelah berhasil mengaktifkan fitur screen recorder, langkah selanjutnya adalah mengatur opsi suara rekaman. Anda dapat memilih apakah ingin merekam suara dari ponsel, mikrofon, atau bahkan memilih opsi tanpa suara sama sekali.

Fleksibilitas dalam fitur screen recording hp Samsung ini memungkinkan Anda menyesuaikan rekaman layar sesuai kebutuhan dan preferensi Anda.

3. Mulai Merekam Layar

Dengan opsi suara yang sudah diatur, Anda dapat dengan mudah memulai proses merekam layar dengan mengeklik “Start recording”. Selama proses perekaman, Anda memiliki kesempatan untuk melakukan berbagai aktivitas yang ingin Anda rekam.

Jika diinginkan, gunakan fitur ikon pensil untuk menambahkan anotasi atau bahkan menggambar langsung pada layar, memberikan dimensi kreatif pada rekaman Anda.

4. Mengedit Video Saat Merekam

Salah satu fitur yang membedakan adalah kemampuan untuk mengedit video secara langsung saat proses merekam layar ponsel Samsung. Sebab ada ikon pensil untuk menulis atau menggambar, serta ikon orang untuk merekam layar dengan overlay video.

Anda dapat menambahkan sentuhan pribadi atau kreatifitas ekstra pada rekaman Anda. Fitur ini memberikan fleksibilitas yang tinggi dalam menyesuaikan hasil rekaman sesuai keinginan Anda.

5. Selesai

Setelah Anda selesai merekam, klik “Finish recording” atau “Stop” yang ditandai dengan ikon kotak untuk menghentikan proses. Rekaman layar akan otomatis tersimpan di galeri ponsel Samsung Anda.

Hal tersebut tentu memudahkan akses dan berbagi rekaman sesuai kebutuhan Anda. Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah mengambil dan membagikan cuplikan layar yang diinginkan.

Kesimpulan

Mungkin hanya itu saja pembahasan artikel yang bisa kami tulis dan publikasikan kepada Anda. Semoga artikel yang kami bahas bisa bermanfaat bagi Anda khususnya yang ingin merekam layar di hp Samsung.

Tinggalkan komentar