2 Cara Mengubah Tombol Navigasi di Hp Samsung

Semua tipe hp Samsung yang fullscreen memiliki tombol navigasi atau bilah pengaturan yang letaknya ada di bawah layar. Tapi tak banyak yang tahu bahwa menu navigasi tersebut bisa diubah sesuai keinginan.

Benar apa yang kami katakan, tombol navigasi pada smartphone Samsung itu bisa diubah dari defaultnya untuk melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan, kembali ke menu home, dan back.

Bagi yang belum tahu cara mengubah tombol navigasi di hp Samsung, tak usah khawatir karena pada kesempatan ini kami akan memberi tahu caranya kepada Anda. Silahkan simak di bawah ini.

Apa Itu Tombol Navigasi Samsung

Tombol navigasi Samsung merupakan elemen utama dalam antarmuka pengguna perangkat mobile Samsung, terletak di bagian bawah layar. Terdiri dari tiga tombol, fungsi utama mereka adalah memfasilitasi navigasi pengguna dalam sistem operasi perangkat tersebut.

Tombol kanan digunakan untuk kembali ke layar sebelumnya, menyajikan akses cepat untuk mengelola perjalanan pengguna melalui aplikasi dan menu. Tombol tengah berperan sebagai tombol beranda, memungkinkan pengguna untuk kembali ke layar utama atau beranda perangkat dengan satu ketukan. Tombol kiri, di sisi lain, memungkinkan pengguna untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang, mempermudah beralih antara aplikasi secara efisien.

Keunggulan utama dari tombol navigasi Samsung adalah kemampuannya untuk disesuaikan sesuai dengan preferensi pengguna. Pengguna memiliki opsi untuk mengubah fungsi masing-masing tombol sesuai dengan keinginan mereka.

Misalnya, tombol kanan dapat diubah menjadi geser ke kanan untuk kembali ke layar sebelumnya, tombol tengah bisa diganti dengan swipe ke atas untuk kembali ke menu beranda, dan tombol kiri dapat diubah dengan menahan layar dari bawah ke atas. Fleksibilitas ini memungkinkan pengguna untuk mengoptimalkan pengalaman navigasi mereka sesuai dengan kenyamanan dan kebiasaan pribadi.

Dengan memberikan opsi pengaturan yang luas, tombol navigasi Samsung mencerminkan pendekatan yang inklusif terhadap keberagaman preferensi pengguna.

Ini tidak hanya meningkatkan fleksibilitas pengguna, tetapi juga memungkinkan setiap pengguna Samsung untuk menyesuaikan antarmuka perangkat sesuai dengan gaya penggunaan pribadi mereka.

Dengan demikian, tombol navigasi pada smartphone Samsung bukan hanya alat navigasi, tetapi juga elemen personalisasi yang memperkaya pengalaman pengguna perangkat mobile.

Cara Mengubah Tombol Bar Navigasi di Hp Samsung

Langsung saja tanpa banyak membahas hal ini itu, mari kita simak bersama-sama penjelasan tentang cara mengubah tombol bar navigasi di hp Samsung. Simak uraiannya pada penjelasan di bawah berikut ini.

1. Ganti Bilah Navigasi ke Mode Swipe

Alternatif pertama, pengguna smartphone Samsung dapat mengubah bilah notifikasi atau menu bar di bagian bawah hp Samsung menjadi mode swipe atau gesture usap. Cara untuk melakukannya ialah sebagai berikut.

  • Akses opsi Pengaturan pada perangkat Samsung Anda.
  • Pilih kategori Tampilan dari menu utama.
  • Gulir ke bawah hingga menemukan pilihan Bilah Navigasi.
  • Pilih opsi Bilah Navigasi untuk melihat lebih banyak pengaturan.
  • Ganti pengaturan Navigasi menjadi opsi Gesture Usap.
  • Dengan melakukan perubahan ini, tombol Navigasi akan beralih ke mode Gesture Usap.

2. Mengubah Posisi Tombol Navigasi

Kemudian yang kedua, Anda bisa mengganti posisi tombol navigasi di hp Samsung dari posisi bawaan. Dengan cara ini Anda bisa mengganti tombol kembali yang tadinya di kanan menjadi dipindah ke bagian kiri. Cara melakukannay yaitu sebagai berikut.

  • Buka Pengaturan pada perangkat Samsung Anda
  • Pilih opsi Tampilan dari menu utama
  • Gulir ke bawah hingga menemukan Bilah Navigasi
  • Pilih Urutan Tombol dari opsi yang tersedia
  • Sesuaikan urutan tombol sesuai preferensi Anda
  • Simpan perubahan yang telah Anda buat.

Kesimpulan

Mungkin cukup sampai di sini terlebih dahulu pembahasan dari kami tentang cara untuk mengubah tombol bar navigasi pada hp Samsung semua tipe. Semoga artikel yang kami tuliskan bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan komentar