5 Cara Menghilangkan Tombol Navigasi di Hp Samsung

Sebagian pengguna Samsung mungkin tidak tahu bahwa mereka bisa menghilangkan tombol navigasi di hp Samsung. Bagaimana caranya? Anda harus menyimak artikel ini sampai tuntas.

Sesuai yang kami jelaskan tad bahwa kita bisa menyembunyikan tombol navigasi pada smartphone Samsung agar layar hp kita menjadi lebih luas. Ini bisa memberikan kenyamanan lebih bagi sebagian orang.

Untuk mengetahui cara menghilangkan tombol navigasi pada ponsel Samsung, kami telah menyiapkan pembahasannya pada uraian di bawah ini. Namun sebelum itu mari kita berkenalan dengan menu navigasi Samsung terlebih dahulu.

Apa Itu Menu Navigasi di Hp Samsung?

Tombol navigasi atau bar bilah menu Samsung adalah elemen penting dalam antarmuka pengguna perangkat Samsung yang terletak di bagian bawah layar. Bar bilah menu ini terdiri dari tiga tombol utama yang memudahkan pengguna dalam mengelola aplikasi dan navigasi antar layar.

Tombol kanan berfungsi untuk kembali ke layar sebelumnya, memungkinkan pengguna untuk dengan cepat mengakses tindakan sebelumnya atau keluar dari aplikasi. Tombol tengah adalah tombol beranda, yang dapat membawa pengguna kembali ke layar beranda atau menu utama perangkat. Sedangkan tombol kiri digunakan untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang, memungkinkan pengguna untuk beralih antara aplikasi dengan mudah.

Pentingnya tombol navigasi ini terletak pada fungsinya yang intuitif dan mudah digunakan, memberikan pengalaman pengguna yang lancar dan efisien. Selain itu, pengguna Samsung memiliki opsi untuk menyembunyikan tombol navigasi ini dan menggantinya dengan kontrol geser-geser layar, memberikan fleksibilitas tambahan dalam pengaturan antarmuka pengguna.

Baca Juga:  2 Cara Membuka Pola Hp Samsung yang Lupa

Opsi ini memungkinkan pengguna untuk menyempurnakan pengalaman mereka sesuai dengan preferensi pribadi, dan kontrol gestur juga dapat dianggap lebih praktis dan modern dalam pengoperasian perangkat Samsung.

Dengan adanya tombol navigasi atau bar bilah menu ini, Samsung memastikan bahwa penggunaannya dapat diakses dengan mudah oleh berbagai lapisan pengguna, dari yang awam hingga yang berpengalaman, sehingga menciptakan antarmuka yang ramah pengguna dan responsif.

Penggabungan tombol-tombol ini menjadikan perangkat Samsung dapat menyediakan akses cepat dan nyaman ke fungsi-fungsi utama, meningkatkan efisiensi pengguna dalam menjelajahi antarmuka dan menjalankan aplikasi.

Cara Menghilangkan dan Menyembunyikan Tombol Navigasi Samsung

Langsung saja kita bisa membahas tutorial, panduan, dan cara untuk menghilangkan atau menyembunyikan tombol navigasi pada smartphone Samsung semua tipe. Silahkan lihat ulasannya di bawah ini.

1. Membuka Menu Pengaturan

Untuk mengakses pengaturan pada ponsel Samsung Anda, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka menu “Settings” atau Pengaturan. Ini dapat dilakukan dengan mengetuk ikon gerigi yang biasanya terletak di layar beranda atau di laci aplikasi ponsel Samsung Anda.

2. Memilih Opsi Tampilan

Setelah berhasil membuka menu Pengaturan, langkah selanjutnya adalah memilih opsi “Display” atau Tampilan. Untuk melakukannya, gulirkan layar ke bawah hingga Anda menemukan opsi yang mencakup pengaturan tampilan ponsel Anda. Salah satu opsi yang perlu diperhatikan di dalamnya adalah “Navigation bar.”

Baca Juga:  4 Cara Cek Layar Samsung Normal atau Rusak

3. Mengubah Jenis Tombol Navigasi

Dalam sub-menu “Navigation bar,” Anda akan menemukan opsi untuk mengubah jenis tombol navigasi. Dari menu ini, Anda dapat beralih dari penggunaan tombol fisik menjadi opsi “Swipe gestures” atau gerakan geser. Pilih opsi ini untuk mengaktifkan gestur geser sebagai metode navigasi utama.

4. Menekan Tombol More Options

Setelah mengubah jenis tombol navigasi, langkah berikutnya adalah menyesuaikan pengaturan gestur geser sesuai dengan preferensi Anda. Tekan tombol “More options” atau Opsi Lainnya untuk membuka lebih banyak pilihan kustomisasi terkait gestur geser pengganti tombol navigasi.

5. Memilih Gestur Sesuai Kebutuhan:

Dalam menu opsi tambahan, Anda akan diberikan pilihan untuk memilih gerakan atau gestur geser sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda. Misalnya, Anda dapat memilih antara “Swipe from bottom” atau “Swipe from sides and bottom” tergantung pada preferensi navigasi Anda. Setelah memilih, simpan pengaturan Anda untuk menerapkan perubahan tersebut.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari kami tentang cara menghilangkan bar navigasi pada smartphone Samsug. Mudah-mudahan artikel yang kami tulis bisa bermanfaat untuk menambah kenyamanan Anda saat menggunakan ponsel Samsung.

Tinggalkan komentar