3 Cara Menghapus File Sampah di Hp Samsung

Bagaimana sih cara menghapus file sampah yang terdapat di hp Samsung? Sebab kita juga menyadari bahwa ukuran file sampah biasanya cukup besar dan membuat memori internal terkuras habis.

Apalagi dari namanya saja sudah jelas, yaitu file sampah, isinya adalah kumpulan file-file tidak berguna yang disimpan di hp. Jadi untuk melonggarkan memori internal, lebih baik kita hapus saja file sampah Samsung itu.

Tapi kembali ke pertanyaan awal, bagaimana cara melakukannya? Sebenarnya ada trik yang bisa dilakukan namun tidak semua pengguna Samsung tahu. Untuk itu kami akan menjelaskannya kepada Anda di bawah ini.

Apa Itu File Sampah di Hp Samsung?

Pertama Anda harus mengetahui tentang file sampah terlebih dahulu. File sampah di hp Samsung merujuk pada kumpulan file tersembunyi yang tidak berguna dan hanya memakan ruang memori internal tanpa memberikan manfaat yang nyata.

Jenis file ini biasanya melibatkan sisa-sisa dari aplikasi yang sudah dihapus, cache yang tidak diperlukan, dan file-file lainnya yang dapat merugikan kinerja perangkat smartphone Anda.

Dengan kata lain, file sampah dapat menyusun diri sebagai residu dari aktivitas penggunaan aplikasi atau sistem operasi, membebani memori internal dan mempengaruhi kinerja perangkat secara keseluruhan.

Untuk mengatasi masalah ini, file sampah dapat dihapus secara manual oleh pengguna. Menghapus file sampah memiliki tujuan utama untuk membersihkan memori internal perangkat Samsung, memastikan bahwa ruang penyimpanan tersedia seoptimal mungkin.

Dengan menghapus file sampah secara berkala, pengguna dapat memperoleh lebih banyak ruang penyimpanan internal, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kinerja perangkat dan mencegah terjadinya keterbatasan ruang penyimpanan.

Oleh karena itu, membersihkan file sampah menjadi langkah yang penting untuk memastikan optimalitas penggunaan memori internal pada perangkat Samsung. Lalu bagaimana caranya?

Cara Menghapus File Sampah di Hp Samsung Secara Bersih

Di bawah ini kami akan memberikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghapus atau delete file sampah di hp Samsung. Silahkan ikuti petunjuk-petunjuk yang kami berikan di bawah ini.

1. Hapus File Sampah di Folder My Files

Pertama-tama, Anda bisa menghapus seluruh file sampah tersebut melalui folder My Files atau File Manager di hp Samsung. Caranya bisa mengikuti tutorial di bawah ini:

  • Cari folder “My Files” atau “File Manager” di HP, ketik “Files” pada HP Samsung terbaru.
  • Buka folder “My Files” dan temukan file yang ingin dihapus, contohnya file foto yang terduplikasi di folder “Images”.
  • Centang foto/file yang ingin dihapus, tahan selama beberapa detik sampai tanda centang muncul.
  • Untuk menghapus semua, tekan tombol “All” di pojok kiri atas layar.
  • Tekan ikon tong sampah di bagian bawah layar, pilih “Move to trash” untuk memindahkan file ke tong sampah HP.
  • Biarkan file di tong sampah selama 30 hari atau tekan “Trash” untuk mengaksesnya.
  • Untuk mengosongkan tempat sampah, tekan titik tiga di pojok kanan atas layar, lalu pilih “Empty”.
  • Jika ingin menghapus file tertentu, pilih dan tekan file sampai tanda centang muncul, kemudian tekan ikon tong sampah di pojok kanan bawah layar.
  • Ingat, file yang dihapus dari folder sampah tidak dapat dikembalikan. Jika ragu, gunakan tombol “Restore” untuk memulihkan ke folder asal.

2. Hapus File Sampah di Galeri HP

Galeri hp Samsung juga bisa dimanfaatkan untuk menghapus file sampah agar memori internal Anda menjadi semakin luas. Untuk caranya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka Galeri di HP, cari album/folder sampah. Pada HP Samsung, tekan ikon tiga garis di pojok kanan layar.
  • Buka folder sampah dengan ikon tong sampah bertuliskan “Trash”.
  • Lihat foto/video yang dihapus, biasanya bertahan 30 hari sebelum dihapus otomatis.
  • Hapus semua file sampah dengan tekan titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih “Empty”.
  • Untuk menghapus sebagian, pilih dan centang file, lalu tekan ikon tong sampah di bawah layar.
  • Ingat, foto dan video dihapus dari folder sampah akan hilang secara permanen.

3. Menghapus Cache di Hp Samsung

Terakhir, file sampah sangat berkaitan dengan cache maka kita bisa langsung menghapus cache Samsung untuk mengurangi jumlah size file sampah di hp. Anda bisa mengikuti langkah-langkah ini untuk memulainya:

  • Akses menu Pengaturan pada perangkat HP Anda dan pilih opsi “Apps” atau “Aplikasi”.
  • Identifikasi aplikasi yang ingin Anda bersihkan cache-nya, sebagai contoh, kita akan mengambil aplikasi WhatsApp.
  • Tekan aplikasi tersebut hingga muncul informasi terkait aplikasi, dan selanjutnya, pilih opsi “Storage” atau “Penyimpanan”.
  • Untuk menghapus cache, gunakan ikon bergambar sapu dengan tulisan “Clear cache” atau “Hapus cache”. Lakukan langkah ini secara berulang untuk beberapa aplikasi yang memerlukan penghapusan cache.

Kesimpulan

Itulah ulasan lengkap dari kami mengenai cara menghapus file sampah di hp Samsung secara mudah sampai benar-benar bersih. Sehingga memori internal Anda bisa lebih lega dan tersisa banyak untuk menyimpan foto, video, atau file lainnya.

Tinggalkan komentar