4 Cara Cek Layar Samsung Normal atau Rusak

Jika Anda merasa usapan layar di hp Samsung tidak sensitif, tidak bisa pencet tombol di bagian layar tertentu, atau masalah pada layar hp Samsung lainnya, Anda harus cek layar Samsung normal atau rusak.

Tenang saja, Anda tidak perlu melakukan pengecekan langsung ke service center. Anda bisa melakukan diagnosa sendiri, kemudian jika tidak bisa mendeteksinya barulah Anda bawa ke service center sebagai opsi terakhir.

Untuk melakukan pengecekan kerusakan layar Samsung secara mandiri, mungkin masih banyak yang belum mengetahui caranya. Maka dari itulah di sini kami ingin memberikan informasi tutorialnya kepada Anda.

Ciri-ciri Layar Hp Samsung Rusak

Ciri-ciri layar HP Samsung yang rusak bisa bervariasi tergantung jenis kerusakan yang terjadi. Salah satu ciri yang umum terjadi adalah ketika layar tidak menampilkan tampilan apapun atau no display sama sekali.

Kerusakan berupa no display pada hp Samsung tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti kerusakan pada komponen internal atau koneksi yang terganggu.

Selain itu, kerusakan pada backlight juga sering terjadi, dimana layar tidak terang atau gelap meskipun perangkat masih menyala. Pecah atau retak pada layar juga merupakan ciri yang mudah dikenali karena terlihat pada permukaan layar.

Kerusakan lain yang sering terjadi adalah munculnya titik hitam, garis berwarna seperti biru, hijau, atau merah di LCD, yang dapat mengganggu pengalaman visual pengguna.

Selain itu, gejala ghost touch atau layar memencet dengan sendirinya juga bisa terjadi, di mana layar merespons sentuhan tanpa adanya input dari pengguna.

Kemudian, penurunan sensitivitas daya sentuh juga menjadi ciri lain dari layar HP Samsung yang rusak, dimana pengguna harus menekan layar dengan lebih kuat atau beberapa bagian layar tidak merespons sama sekali terhadap sentuhan.

Semua ciri-ciri ini membutuhkan perbaikan yang tepat sesuai dengan jenis kerusakan yang terjadi. Maka dari itu pengecekan layar hp Samsung pun diperlukan oleh setiap pengguna.

Cara Mengecek Layar Hp Samsung Normal atau Tidak

Berikut inilah cara untuk melakukan pengecekan terhadap layar hp Samsung Anda apakah normal atau sudah rusak. Silahkan simak tutorialnya di bawah ini untuk mengikuti panduan dari kami.

1. Buka Menu Telepon

Langkah awal yang perlu dilakukan untuk menguji layar pada perangkat Samsung Anda apakah masih normal atau sudah rusak adalah dengan membuka menu Telepon atau Dial.

Memasuki menu ini merupakan langkah pertama yang penting karena di sinilah Anda akan menemukan akses ke kode panggilan khusus yang diperlukan untuk melakukan tes layar.

Ini adalah awal dari rangkaian pengujian layar yang akan memberikan Anda pemahaman mendalam tentang kondisi perangkat Samsung Anda.

2. Masukkan Kode #0

Setelah berhasil membuka menu Telepon, langkah berikutnya adalah memasukkan kode #0#. Kode ini seperti kunci akses agar Anda dapat masuk ke alat diagnosa layar pada perangkat Samsung Anda.

Kode ini adalah kunci yang akan membuka jendela ke dalam keadaan layar Anda, memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi setiap kemungkinan kerusakan yang mungkin terjadi.

Dengan memasukkan kode ini, Anda memulai proses pengujian yang akan memberikan Anda cara langsung untuk dapat tentang kondisi layar perangkat Anda apakah normal atau rusak.

3. Pilih Touch

Setelah Anda memasukkan kode #0#, Anda akan dibawa ke menu panggilan yang menampilkan berbagai opsi. Di dalamnyya, Anda akan menemukan menu Red, Green, Blue, Sensor, Mega Cam, dan yang paling penting, menu Touch.

Menu ini adalah pintu gerbang menuju pengujian yang spesifik untuk layar. Ini adalah tempat di mana Anda akan menemukan fitur diagnosa yang Anda perlukan untuk mengecek kerusakan yang mungkin terjadi pada layar perangkat Samsung Anda.

Dengan memilih opsi ini, Anda melangkah lebih dekat menuju cara untuk mendiagnosa kerusakan pada smartphone Anda sehingga bisa memastikan kondisi layar Anda.

4. Usap Layar dan Pastikan Berwarna Hijau

Tugas Anda setelah memilih menu Touch adalah mengusap seluruh bagian layar dengan jari Anda. Ini adalah langkah penting dalam proses pengujian karena melibatkan interaksi langsung dengan layar perangkat Anda.

Saat Anda mengusap layar, perhatikan perubahan warna yang terjadi. Layar yang sebelumnya mungkin berwarna putih akan berubah menjadi hijau jika tidak ada kerusakan yang terdeteksi.

Warna hijau adalah sinyal bahwa layar Anda berfungsi dengan normal dan tidak mengalami kerusakan yang signifikan. Dengan melakukan langkah ini, Anda dapat memastikan bahwa layar perangkat Samsung Anda dalam kondisi optimal.

Kesimpulan

Dengan demikian selesai sudah pembahasan artikel tentang cara mengecek layar hp Samsung normal atau tidak. Semoga dengan adanya tutorial ini Anda bisa melakukan diagnosa pribadi terhadap kerusakan di layar hp Anda.

Tinggalkan komentar