3 Cara Melihat RAM Hp Samsung Semua Tipe

Kapasitas RAM hp Samsung terbatas, sehingga jika kita membuka aplikasi kita perlu selalu mengecek RAM yang sedang bekerja pada smartphone Samsung kita, apakah masih tersisa banyak atau tinggal sedikit.

Umumnya, jika RAM sudah digunakan lebih dari 75%, artinya smartphone Samsung sedang bekerja sangat keras. Disarankan untuk menutup sebagian aplikasi yang berjalan di latar belakang untuk mengurangi beban RAM.

Contohnya jika RAM hp Samsung adalah 4GB, maka jika RAM sudah digunakan sebanyak 3GB, kita bisa menutup sebagian aplikasi. Biasanya aplikasi yang memakan banyak RAM yaitu YouTube, game, dan browser.

Pengertian RAM di Hp Samsung

RAM (Random Access Memory) di hp Samsung merupakan komponen utama yang memainkan peran penting dalam kinerja perangkat smartphone Samsung. Memori ini wajib ada agar ponsel Samsung bisa bekerja.

Sebagai memori sementara, RAM pada smartphone Samsung berfungsi untuk menyimpan data secara dinamis dari aplikasi ataupun sistem operasi ColorOS yang sedang berjalan atau dibuka.

Ketika sebuah aplikasi atau sistem operasi berjalan, RAM digunakan untuk menyimpan informasi yang diperlukan agar perangkat dapat beroperasi dengan lancar. Namun, jika hp dimatikan atau aplikasi ditutup, RAM tidak lagi berfungsi.

Semakin besar kapasitas RAM pada hp Samsung, semakin banyak aplikasi yang dapat dibuka dan dijalankan secara bersamaan. Selain itu, memiliki lebih banyak sisa RAM juga dapat meningkatkan kecepatan respons smartphone dalam menjalankan suatu aplikasi.

Samsung Galaxy sendiri menawarkan berbagai pilihan kapasitas RAM, mulai dari 3GB hingga 12GB. Pilihan ini memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk memilih perangkat sesuai dengan kebutuhan penggunaan mereka.

Kapasitas RAM yang lebih besar tidak hanya mendukung multitasking yang lebih baik, tetapi juga memastikan bahwa perangkat mampu membuka aplikasi dan tugas yang lebih kompleks dengan kinerja yang optimal.

Dengan demikian, RAM di hp Samsung menjadi faktor kunci dalam menentukan kinerja perangkat, memungkinkan pengguna untuk menikmati pengalaman penggunaan yang lebih responsif dan lancar dalam menjalankan aplikasi-aplikasi canggih serta multitasking yang intensif.

Cara Melihat Kapasitas RAM Hp Samsung

Pertama-tama Anda perlu mengetahui kapasitas RAM yang Anda miliki di hp Samsung Anda. Caranya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Navigasi ke opsi ‘Settings’.
  • Pilih ‘Battery and device care’.
  • Periksa alokasi RAM pada perangkat Samsung Anda di bagian kanan bawah, di bawah label ‘Memory’.

Dalam tampilan tersebut, dapatkan informasi seberapa besar RAM yang telah digunakan dibandingkan dengan total kapasitas yang tersedia.

Namun kapasitas RAM yang tersedia tersebut biasanya hanya kapasitas RAM yang tidak digunakan oleh sistem operasi, bukan kapasitas RAM setelah dikurangi dengan penggunaan pada aplikasi yang berjalan. Sehingga kita perlu melihat lebih jauh sisa penggunaan RAM secara real time pada tutorial di bawah

Cara Melihat Penggunaan RAM di Hp Samsung

Setelah mengetahui jumlah RAM yang Anda miliki, kita bisa langsung masuk ke bagian inti yaitu cara untuk melihat dan mengecek penggunaan RAM di hp Samsung. Silahkan Anda bisa menyimak uraiannya di bawah ini.

  • Langkah awal, aktifkan opsi Developer pada perangkat Samsung Anda.
  • Buka Pengaturan, pilih “About Device”
  • Lalu ketuk “Build Number” tujuh kali untuk mengaktifkannya.
  • Kembali ke halaman utama Pengaturan, buka menu Opsi Developer
  • Kemudian sentuh “Running Services” untuk melihat status dan alokasi RAM aplikasi.
  • Klik tombol di bagian kanan atas untuk memeriksa kapasitas RAM yang ditempati oleh cache.

Kesimpulan

Itulah sedikit penjelasan yang sudah kami rangkum secara singkat mengenai cara mengecek dan melihat penggunaan RAM di hp Samsung. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda khususnya pengguna Samsung.

Tinggalkan komentar